Senin, 22 April 2013

Udah masuk ITB, terus ngapain? (Tips agar survive dan sukses di ITB)


Halo semuanya!
Pertama-tama saya ingin mengucapkan SELAMAT buat kalian yang sudah diterima di ITB lewat jalur undangan. Buat kalian yang masih menunggu pengumuman SNMPTN, saya doakan semoga kalian semua diterima (amin!). Nah, kalau nantinya tidak diterima, jangan bersedih hati ya! Insya Allah masih ada lain kesempatan :)
Oke,tulisan ini akan saya tujuan buat kalian yang sudah berhasil masuk ITB. Tentunya ada perasaan bangga dan senang yang kalian rasakan bukan? Hal ini pastinya wajar dong, karena masuk ITB itu memang susah. Tapi apa perjuangan kalian sampai disitu saja? Tentu tidak! Bertahan di ITB itu jauh lebih susah loh! Dan sebenarnya banyak sekali hal-hal yang bisa kalian lakukan selama kalian di ITB. Jangan sampai kalian menyesal nantinya, karena penyesalan selalu datang belakangan.
Lantas, apa saja yang harus kalian lakukan supaya bisa survive dan sukses di ITB? Berikut ini adalah sedikit tips dari saya.
1. Belajar sungguh-sungguh!
Ini udah pasti menjadi sesuatu yang mutlak harus kalian lakukan. Saya yakin kalian semua yang berhasil masuk ITB adalah orang-orang pintar, namun untuk bisa bertahan di ITB butuh lebih dari sekedar pintar. Kesungguhan yang luar biasa benar-benar dibutuhkan untuk bisa bertahan menghadapi kerasnya dunia perkuliahan. Dan kalau kalian tidak rajin dan belajar dengan sungguh-sungguh, niscaya kalian akan gagal. Percayalah, sudah banyak yang menjadi korban keganasan ITB, dan ini disebabkan karena mereka malas. Saya tidak ingin kalian seperti mereka.
2. Bergabunglah dengan Unit Kegiatan Mahasiswa dan Himpunan
Study-oriented itu tidak masalah, yang jadi masalah adalah jika kalian memilih untuk study-oriented only. ITB itu tidak hanya untuk kalian belajar akademik, tapi juga untuk mengembangkan kualitas diri kalian. Jangan cuma jadi mahasiswa yang KUPU-KUPU (Kuliah Pulang Kuliah Pulang). Mungkin kalian akan menjadi orang-orang yang pintar, namun tidak bisa survive setelah lulus nanti. Karena itu, ikutilah Unit Kegiatan Mahasiswa yang jumlahnya sangat banyak di ITB dan kembangkanlah bakat kalian. Jika kalian tidak merasa menemukan bakat kalian, cobalah untuk join dengan sesuatu yang baru yang belum pernah kalian ikuti sebelumnya. Percayalah, pengalaman berada di unit akan sangat berharga. Selain itu setelah kalian masuk jurusan nantinya cobalah untuk aktif di himpunan. Berkegiatan di himpunan akan mengasah wawasan kalian tentang jurusan yang kalian ambil dan juga membentuk kalian menjadi pribadi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Dan yang paling utama adalah jaringan pertemanan, karena kalian akan bisa mengenal banyak orang yang siap membantu kalian jika kalian membutuhkan.
3. Banyak-banyak ikut kepanitiaan dan lomba
Ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin kedua. Selain lewat unit dan himpunan, wadah lain buat kalian mengembangkan diri ada di kepanitiaan dan juga lomba-lomba. Banyak banget loh informasi yang ada di ITB tentang kedua hal ini, sayangnya tidak banyak yang mau memanfaatkannya. Cobalah untuk terlibat menjadi panitia acara di ITB ataupun menjadi volunteer di event-event yang ada di Bandung, karena banyak banget manfaatnya buat kalian. Manfaat paling utama adalah menambah perbendaharaan teman kalian. Ini penting banget karena networking akan sangat membantu kita di masa depan nantinya. Selain itu cobalah untuk mengasah kemampuan kalian dalam berbagai kompetisi ataupun konferensi, terutama yang diselenggarakan di luar negeri. Menang kalah urusan belakangan, yang penting kemampuan kalian bisa terasah dan akan membuat kalian semakin percaya diri.
4. Asahlah kemampuan bahasa asing!
Kemampuan akan bahasa asing semakin lama benar-benar dirasa semakin penting. Nah, kalau kalian tidak mempersiapkannya sejak masuk ITB maka kedepannya akan sulit buat kalian untuk bersaing terutama setelah lulus nanti. Kemampuan bahasa asing akan membuat kalian bisa lebih unggul dibanding mahasiswa ITB lainnya. Dan saya menyarankan agar kalian tidak hanya memiliki kemampuan bahasa Inggris namun juga bahasa lainnya seperti Jepang, Korea, Perancis, ataupun Jerman. Siapa tahu nantinya kalian mendapat kesempatan untuk pertukaran pelajar ataupun mengikuti konferensi ke negara-negara tersebut. Jadi, cobalah untuk mempersiapkan hal ini sejak dini. Banyak lho lembaga bahasa asing yang ada di Bandung, jadi manfaatkan kesempatan ini!
5. Carilah beasiswa!
Poin ini bermanfaat untuk kalian yang ingin survive dalam hal biaya perkuliahan. Buat kalian yang belum tahu, banyak sekali beasiswa yang ada di ITB. Sayangnya, lagi-lagi tidak banyak yang memanfaatkannya. Cobalah sering-sering mampir ke Campus Center Barat Lantai Dasar, disana ada kantor Lembaga Kemahasiswaan yang selalu memberikan banyak informasi soal beasiswa. Atau kalian bisa juga mencari lewat internet. Persyaratannya sendiri bermacam-macam, namun semuanya relatif mudah untuk dipenuhi. Sekarang tinggal bergantung kepada kalian, apakah kalian sungguh-sungguh untuk mendapatkan beasiswa atau tidak.
6. Belajar bisnis kecil-kecilan
Well, ini sebenarnya tidak harus kalian lakukan, tapi cukup saya rekomendasikan. Karena kebanyakan mahasiswa adalah anak kost yang budgetnya terbatas, tentunya kita harus melakukan sesuatu agar bisa mendapat pemasukan. Mencari beasiswa adalah sebuah opsi, tapi akan sulit jika prestasi kita pas-pasan. Karena itu cobalah untuk memulai bisnis kecil-kecilan di ITB. Banyak sekali ide yang bisa dikembangkan, seperti berjualan buku, jasa fotokopi, makanan, minuman, dan lain-lain. Mungkin untungnya belum seberapa, tapi ini bisa menjadi titik awal kalian dalam usaha mencari uang sendiri. Dan siapa tahu nantinya kalian bisa menjadi pengusaha sukses :D
Mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan. Walaupun sedikit tapi semoga bermanfaat buat kalian yang baru masuk ITB. Tetap semangat dan semoga sukses menjalani kehidupan di ITB!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar